Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul

Film Horor Paling Seru: Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul

Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul bercerita tentang Hao, seorang pemuda yang memiliki kemampuan retrokognisi, yaitu bisa melihat kejadian di masa lalu. Hao menggunakan kemampuannya untuk membantu Sari, seorang siswi SMK yang diculik oleh sosok pocong berkepala gundul.

Film Pocong tersebut ternyata adalah Walisdi, seorang dukun ilmu hitam yang melakukan ritual kuno berbahaya dan membuatnya menjadi pocong gundul. Hao bersama sahabatnya Rida berusaha menyelamatkan Sari dari cengkeraman Walisdi dan menghentikan rencana jahatnya yang bisa membahayakan banyak orang.

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Om Hao, yang juga menjadi salah satu penulis skenario film ini. Film ini disutradarai oleh Awi Suryadi, yang dikenal sebagai sutradara film horor seperti Danur, Asih, dan Sabrina. Film ini diproduksi oleh MD Pictures dan tayang perdana di bioskop pada tanggal 21 September 2023.

Karakter Film

Film ini memiliki beberapa karakter utama, yaitu:

  • Hao, diperankan oleh Deva Mahenra, adalah tokoh protagonis film ini. Hao adalah seorang pemuda yang memiliki kemampuan retrokognisi, yang membuatnya bisa melihat kejadian di masa lalu. Hao adalah seorang yang baik hati, cerdas, dan berani. Hao menggunakan kemampuannya untuk membantu orang lain, terutama Sari, yang ia sukai. Hao juga memiliki hubungan yang dekat dengan sahabatnya Rida, yang selalu mendukungnya.
  • Sari, diperankan oleh Nayla D. Purnama, adalah tokoh deuteragonis film ini. Sari adalah seorang siswi SMK yang diculik oleh Walisdi. Sari adalah seorang yang cantik, ceria, dan ramah. Sari tidak menyadari bahwa Hao menyukainya, dan ia juga tidak tahu mengapa Walisdi mengincarnya. Sari berusaha untuk tetap kuat dan berharap bisa selamat dari Walisdi.
  • Rida, diperankan oleh Della Dartyan, adalah tokoh tritagonis film ini. Rida adalah sahabat sekaligus teman sekolah Hao. Rida adalah seorang yang lucu, setia, dan pemberani. Rida selalu membantu Hao dalam segala situasi, termasuk saat Hao ingin menyelamatkan Sari. Rida juga memiliki perasaan terhadap Hao, tetapi ia tidak pernah mengungkapkannya.
  • Walisdi, diperankan oleh Iwa K, adalah tokoh antagonis film ini. Walisdi adalah seorang dukun ilmu hitam yang melakukan ritual kuno berbahaya dan membuatnya menjadi pocong gundul. Walisdi adalah seorang yang jahat, kejam, dan ambisius. Walisdi ingin menguasai dunia dengan kekuatannya, dan ia membutuhkan Sari sebagai korban persembahannya. Walisdi juga memiliki kekuatan untuk mengendalikan orang lain dengan tatapan matanya.

Pesan Film

Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul memiliki beberapa pesan yang ingin disampaikan kepada penonton, yaitu:

  • Cinta adalah motivasi yang kuat untuk melakukan hal-hal baik. Hao mencintai Sari, dan ia rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkannya. Rida mencintai Hao, dan ia selalu mendampinginya dalam segala kesulitan. Cinta membuat mereka berani menghadapi bahaya dan tidak menyerah.
  • Persahabatan adalah hal yang berharga dan harus dijaga. Hao dan Rida adalah sahabat yang saling mendukung dan melindungi. Mereka tidak pernah meninggalkan satu sama lain, bahkan saat menghadapi Walisdi. Persahabatan membuat mereka kuat dan tidak sendirian.
  • Ilmu hitam adalah hal yang berbahaya dan harus dihindari. Walisdi menggunakan ilmu hitam untuk mencapai tujuannya, tetapi ia tidak menyadari bahwa ia juga merusak dirinya sendiri. Walisdi menjadi pocong gundul yang tidak bisa mati dan tidak bisa hidup. Ilmu hitam membuatnya jadi makhluk yang menderita dan ditakuti.

Latar Belakang Tempat

Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul mengambil lokasi syuting di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Yogyakarta dan Jakarta. Film ini berlatar di tahun 2013, saat terjadi kesurupan massal di salah satu sekolah di Yogyakarta.

Di sekolah tersebut, terdapat sebuah sumur tua yang berada di balik pohon besar, yang menjadi tempat persembunyian Pocong Gundul. Pocong Gundul adalah sosok Walisdi, seorang dukun ilmu hitam yang melakukan ritual kuno berbahaya dan membuatnya menjadi pocong gundul. Kuburannya yang berada di bawah sebuah bangunan sekolah, membuat pocong gundul kerap mengganggu dan menghantui murid-murid sekolah tersebut.

Film ini merupakan adaptasi dari pengalaman pribadi, hasil retrokognisi yang dialami oleh Hari A Kurniawan atau Om Hao, seorang paranormal yang sering menceritakan kisah horor di media sosial. Om Hao bercerita bahwa pertemuannya dengan entitas Pocong Gundul bernama Walisdi terjadi pada tahun 2018.

Kala itu, dia bersama timnya tengah menelusuri salah satu sekolah di Yogyakarta, tempat terjadinya kesurupan massal. Di sana, dia melihat sosok pocong gundul yang menakutkan dan mengetahui asal-usulnya.

Demikian artikel tentang film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul. Semoga artikel ini bermanfaat dan menarik bagi Anda. Selamat menonton!